style='display:block; text-align:center;'/>
Punya rekan kantor yang malas memang bikin pusing. Lantas bagaimana cara menghadapi teman kerja malas seperti ini?
Ada banyak kerugian yang bisa kita derita akibat punya rekan kantor yang malas. Pekerjaan tim kurang sukses, harus bekerja lebih keras untuk menutupi pekerjaan yang ditinggalkan teman, sampai harus jengkel karena si teman mendapat upah yang sama padahal jam kerja dia sebenarnya lebih sedikit. Intinya, kita bisa ter-abuse secara mental, fisik, dan finansial. Suasana kantor pun lama-kelamaan pasti akan menjadi menyebalkan. Lalu apa yang harus dilakukan?
Yuk, simak beberapa tips dan cara super penting di bawah ini.
Tips Mengadapai Teman Kerja Malas
Pertama, Ajak Dulu Orangnya
Jangan langsung marah-marah. Sebab tiap orang berbeda-beda. Ada orang yang bisa diajak dengan cara baik-baik dan ada pula yang harus “dibentak” dulu. Nah, siapa tahu dengan mengajak teman Anda secara baik-baik, dia bisa tersindir dan mulai sadar.
Tanya
Bagaimana Anda bisa menghadapi teman pemalas kalau Anda tak tahu alasannya? Jadi, tanyakanlah dulu apa yang menyebabkan yang bersangkutan seperti itu. Jangan salah. Bisa saja dia sebenarnya punya masalah besar yang belum terselesaikan. Misalnya, selama ini ia merasa kurang dihargai. Bisa juga dia sebetulnya tak menyukai bidang pekerjaannya. Kalau sudah begini, Anda harus to the point. Anda bisa menyarankan ybs keluar atau tetap tinggal namun harus mulai rajin. Sebab, yang kena getah kemalasan teman, nantinya pasti Anda juga.
Beri Sedikit Sindiran
Cara berikutnya menghadapi teman kerja malas ialah memberikan sindiran. Jadi, ketika teman Anda tak bisa diajak dengan baik, naikkan level Anda ke tahap sarkas atau sindiran. Melakukannya di depan bos pun bukan masalah. Asalkan, jangan sampai bos tahu dulu bahwa kita sedang menyindir. Sabar… siapa tahu, sifat si teman masih bisa diperbaiki dengan sindiran tersebut.
Bicara Blak-blakan
Ajak bicara orang tersebut face to face. Minta agar dia tidak menjadi pemalas. Ungkapkan juga konsen Anda bahwa tindakan teman yang pemalas tersebut bisa berdampak pada rekan kerja yang lain. Kalau memungkinkan, buat si teman berjanji agar ia tak melakukan kemalasan tersebut.
Marah!
Marah bukan berarti kalah. Marah adalah sebuah cara untuk menunjukkan bahwa sesuatu sudah kelewat batas kita. Jadi, bila segala cara di atas masih saja gagal, marahlah kepada teman. Apalagi bila karena rekan kerja malas tersebut, Anda juga ikut dirugikan.
Bilang ke HRD
Bila Anda sudah merasa tidak mampu, bicaralah HRD. Toh memang masalah seperti ini menjadi wewenang mereka.
Pada intinya, untuk menghadapi teman kerja malas, Anda wajib “berbuat sesuatu”. Sebab, sekali lagi, kemalasan teman bisa berimbas ke diri Anda dan rekan kantor yang lain.
0 komentar:
Posting Komentar