style='display:block; text-align:center;'/>
Dunia sudah semakin modern. Digitalisasi terjadi di mana-mana. Mengirim lamaran kerja pun saat ini bisa dilakukan via email. Ingin tahu tips dan cara mengirim lamaran kerja via email? Yuk simak informasinya di bawah ini.
Selanjutnya, perhatikan tata cara pengiriman yang diinginkan. Poin-poin ini, sering diabaikan pelamar baru:
Cara mengirim lamaran kerja via email berikutnya terkait persoalan nama gmail atau ymail Anda. Haha… maksudnya email waras di sub judul ini adalah nama email yang tidak alay. Hindari ya mengirim dengan alamat email yang namanya lebay. Kalau bisa sesuaikan dengan nama asli Anda. Kalau belum punya, ya tinggal buat lagi. Masuk ke laman mail.google.com, pilih daftar, lalu lakukan pendaftaran. Misal nama Anda Anita Kusuma, buat saja email Anita_Kusuma1992@gmail.com atau Anita_Kusuma1992@yahoo.com.
Cek berkas apa yang perlu dilampirkan. Gunakan scanner atau foto dan dokumentasikan dokumen-dokumen penting yang harus dikirim. Selanjutnya, kumpulkan semua berkas tersebut dan jadikan satu dalam bentuk zip atau rar lalu namai dengan nama seperti “Berkas Lamaran Anita Kusuma”.
Bagaimana cara menyatukannya? Ya tinggal kumpulkan saja semua berkas Anda yang sudah dinamai dengan tepat. Selanjutnya klik all, lalu klik kanan, pilih add to archive dan namai sesuai nama yang diinginkan. Selesai. Tapi saya pribadi pilih dengan penyatuan PDF.
Yth HRD XX
Dengan email ini, saya YY bermaksud mengajukan lamaran untuk posisi freelance writer Bahasa Indonesia. Bersama ini, juga sudah saya lampirkan:
Saya berharap memenuhi kualifikasi bekerja sebagai penulis artikel di perusahaan Bapak/Ibu. Pengalaman pekerjaan saya di bidang ini meliputi bekerja sebagai penulis artikel di sebuah perusahaan jasa penulisan artikel dan sebagai pekerja tetap di perusahaan XX.
Demikian surat lamaran saya. Terima kasih atas perhatiannya. Saya akan dengan senang hati menunggu tanggapan dari Bapak/Ibu.
Salam.
Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email dan Tips-nya
Baca Ketentuan dari Perusahaan yang Ingin Dilamar
Perhatikan, apakah perusahaan tersebut membolehkan mengirim lamaran via email atau tidak? Bila ada tulisan “sebaiknya dikirim via pos”, maka kirimlah via pos. Jangan nekat mengirim lewat email kecuali Anda sangat terpaksa melakukannya. Sampaikan alasan Anda bila Anda terpaksa hanya bisa mengirim lewat email.Selanjutnya, perhatikan tata cara pengiriman yang diinginkan. Poin-poin ini, sering diabaikan pelamar baru:
- Subjek email atau judul. Apakah ada ketentuan judul lamaran? Bila tidak, tulis saja yang jelas. Misalnya, “Lamaran Customer Service Ryan Kusuma Wardhana”.
- Ukuran lampiran. Jangan mengirim lampiran dalam ukuran terlalu besar. Sebisa mungkin di bawah 1 Mb.
- Kesatuan lampiran. Buat lampiran dalam bentuk rar. Jangan disendirikan. Untuk poin ini, saya akan jelaskan di poin bawah.
Pastikan Nama Email Anda Email yang “Waras”
Cara mengirim lamaran kerja via email berikutnya terkait persoalan nama gmail atau ymail Anda. Haha… maksudnya email waras di sub judul ini adalah nama email yang tidak alay. Hindari ya mengirim dengan alamat email yang namanya lebay. Kalau bisa sesuaikan dengan nama asli Anda. Kalau belum punya, ya tinggal buat lagi. Masuk ke laman mail.google.com, pilih daftar, lalu lakukan pendaftaran. Misal nama Anda Anita Kusuma, buat saja email Anita_Kusuma1992@gmail.com atau Anita_Kusuma1992@yahoo.com.
Satukan dalam Bentuk PDF atau Zip dan Rar
Ada dua cara menyatukan dokumen, yang pertama dalam format pdf beberapa halaman, yang kedua dalam bentuk kompressan dengan Zip dan Rar- Zip dan Rar
Bagaimana cara menyatukannya? Ya tinggal kumpulkan saja semua berkas Anda yang sudah dinamai dengan tepat. Selanjutnya klik all, lalu klik kanan, pilih add to archive dan namai sesuai nama yang diinginkan. Selesai. Tapi saya pribadi pilih dengan penyatuan PDF.
Menyatukan dalam bentuk PDF
Untuk penyatuan ini, nantinya kita bisa mendapat file pdf beberapa lembar yang isinya berurutan mulai dari surat lamaran, CV, ijazah, dan berkas lainnya. Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda pakai. Misalnya dengan word atau dengan Nitro.- Untuk word, Anda tinggal mengcopy berkas dalam bentuk tulisan maupun scan gambar. Selanjutnya, pilih save as dan pilih PDF. Pilih yang PDF dengan ukuran rendah. Selesai.
- Sedangkan bila Anda memilih nitro, tinggal jalankan saja aplikasi tersebut. Pilih add file lalu masukkan semua berkas baik dalam bentuk word, pdf, maupun gambar, urutkan, dan tinggal Anda namai. Saya pribadi memilih nitro karena lebih praktis dan tidak ribet copas seperti dengan word.
Mengisi Badan Email
Tulisan di badan email. Bila tidak ada larangan menulis di badan email, copy paste surat lamaran Anda secara ringkas di badan email.- Contoh
Dengan email ini, saya YY bermaksud mengajukan lamaran untuk posisi freelance writer Bahasa Indonesia. Bersama ini, juga sudah saya lampirkan:
- Curriculum Vitae
- Ijazah Pendidikan Terakhir (scan)
- Sertifikat Pre-TOEFL (scan)
- Pas Foto
- KTP (scan)
- 3 contoh artikel
Demikian surat lamaran saya. Terima kasih atas perhatiannya. Saya akan dengan senang hati menunggu tanggapan dari Bapak/Ibu.
Salam.
0 komentar:
Posting Komentar