style='display:block; text-align:center;'/>
Mari bicara soal pekerjaan seorang Customer Service mulai dari beban tanggung jawab, enak tidak enaknya, sampai keuntungan yang didapat. Mereka yang juga sering disingkat sebagai CS ini memiliki peran amat besar terhadap perusahaan, meskipun digaji dengan nominal yang jauh lebih rendah dari seharusnya. Bagaimana tidak?
Sebagus apapun produknya… Sekeren apapun iklannya… Semurah apapun barangnya… Tetapi ketika yang berhadapan dengan klien adalah monster galak nan judes, tentu saja ketiga aspek di atas bisa tak dianggap penting lagi.
Sebab manusia ialah makhluk dengan perasaan. Manusia memiliki harga diri yang harus dihormati, dan di sinilah peran seorang Customer Service untuk memperlakukan kliennya dengan baik bahkan selayaknya seorang “raja”.
Tanggung Jawab dan Beban Customer Service
Beban yang ditanggung CS ini pun tak main-main lho. Mulai dari:
- Diomeli klien padahal yang salah bukan dirinya
- CS apapun Anda, baik itu CS untuk jaringan komunikasi sampai dengan CS produk tertentu, pasti Anda yang akan kena omel oleh Customer kalau ada yang tidak beres. Mau bagaimana lagi, toh pelanggan juga tak punya pilihan untuk marah sama teknisi atau bagian produksi kan?
- Harus selalu tersenyum meski sedang lelah dan dimarahi
- Ini. Senyum saat sedang susah atau mood nggak baik itu susah lho. Tapi senyum sudah merupakan kewajiban mereka yang berprofesi di bidang tersebut.
- Harus bisa menjawab pertanyaan dari klien yang aneh-aneh dan ngotot
- Ada saja klien yang ngeyel, batu, dan merasa benar sendiri biarpun sudah dikasih tahu.
- Menjadi garda depan representasi perusahaan
- Dari suara, penampilan, sampai keramahan dan konsistensi kita akan menjadi citra perusahaan ke publik.
Sayangnya dari berbagai peran krusial seperti itu, gaji CS memang tidak banyak. Biasanya sih hanya UMR sampai dua kali UMR. Entahlah, mungkin karena dianggap tidak perlu kualifikasi penting, pekerjaan ini kerap kali diremehkan dan para Customer Service jarang didengar pendapatnya dengan baik.
Meski demikian, pekerjaan ini bukannya tanpa menawarkan keuntungan. Banyak kok hal positif yang bisa kita nikmati atau kita petik saat menjadi CS. Yang pertama tentu saja gaji, sedangkan untuk yang lainnya, silahkan baca keterangan di bawah lebih lanjut.
Keuntungan Menjadi Customer Service
- Kita jadi kebal sama omelan, dan bahkan perasaan klien (udah hari-hari, jadinya ya pasti kebal)
- Kita jadi pintar bicara membolak-balikkan fakta (biasanya kalu dari internal perusahaan sedang ada masalah).
- Kita jadi lebih paham psikologi manusia tanpa harus kuliah psikologi
- Kita bisa memanfaatkan pemahaman kita soal psikologi manusia itu untuk bekerja di level yang lebih tinggi, misalnya marketing hingga manajer marketing.
- Kita juga bisa memanfaatkan poin 7 untuk mengembangkan bisnis atau usaha sendiri
Ada CS atau mantan CS yang mau menambahkan?
0 komentar:
Posting Komentar